Rabu, 07 Januari 2015

TEDONG SEMILIAR


Hewan apa yang menjadi ciri khas daerah Toraja? Babi, sepertinya kurang tepat walaupun ga salah salah amat. Ayam, boleh juga sih karena disana terkenal dengan sabung ayam-nya. Tetapi menurut saya, hewan yang paling identik dengan Toraja adalah Kerbau, yang dalam bahasa Toraja disebut Tedong.

Tedong menjadi hewan penting dalam tradisi adat Toraja terutama pada prosesi pemakaman Rambu Solo. Harganyapun tidak main2. Tedong Saleko yang merupakan jenis kerbau yang paling mahal, harga seekornya bisa mencapai 1 milyar lebih. Kerbau ini memiliki warna dasar putih serta belang hitam, dengan tanduk kuning gading serta bola mata berwarna putih.

Target utama kunjungan saya ke Toraja kemarin (25-28 Desember 2014) sebenarnya untuk melihat prosesi Rambu Solo termasuk adu kerbau maupun potong kerbau. Unfortunately, meskipun bisa menikmati prosesi Rambu Solo, acara adu kerbau dan potong kerbau tidak dilaksanakan bertepatan dengan kedatangan saya waktu itu. Mungkin lain kali bisa berkesempatan menyaksikan Rambu Solo secara lebih lengkap.

But overall, saya cukup senang mengamati kerbau2 Toraja dengan beragam ekspresinya. Berikut beberapa yang berhasil ter’capture’ kamera saya.


































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar