Kamis, 11 Desember 2014

GATE vs GATEWAY


India Gate di Delhi dan Gateway of India di Mumbai. Dulu saya mengira kedua monumen ini identik. Dibangun di 2 kota utama India, dengan bentuk yang hampir sama, mungkin pada masa pemerintahan yang sama, dengan maksud atau tujuan yang sama, atau paling tidak satu sama yang lain saling menginspirasi atau saling mempengaruhi. Ternyata tidak sepenuhnya benar walaupun tidak semuanya salah juga.


INDIA GATE

Monumen yang juga mirip dengan the Arc de Triomphe, Paris ini didedikasikan untuk mengenang 82 ribu tentara India yang gugur pada saat PD 1. India Gate dibangun pada tahun 1921, hasil rancangan Edwin Lutyens. Di dinding bangunan tertulis nama-nama tentara yang gugur tersebut. Dan di antara kedua kaki India Gate terdapat api yang terus menyala, Amar Jawan Jyoti. 


Add caption
Add caption













Add caption
Add caption













THE GATEWAY of INDIA

Monumen ini dibangun pada tahun 1911 untuk menyambut kedatangan King George V dalam kunjungannya ke India. Juga sebagai symbol kekuatan Inggris di tanah India. Bangunan yang dirancang oleh George Wittet ini sekarang menjadi icon kota Mumbai dan banyak dikunjungi wisatawan.


Add caption
Add caption













Add caption
Add caption











Tidak ada komentar:

Posting Komentar