Senin, 19 Januari 2015

TUDUNG SALJU


Himalaya adalah sebuah barisan pegunungan yang memisahkan dataran Tibet dengan anak benua India. Barisan Himalaya memanjang 2400 km, melintasi lima negara yaitu Pakistan, India, China, Nepal, dan Bhutan. Sedangkan lebarnya bervariasi antara 250-300 km.

Puncak-puncak tertinggi dunia ada di Himalaya, misalnya Gunung Everest (8850 m dpl), Dapsang (8611 m dpl), dan Kanchenjunga (8586 m dpl). Dua sungai besar Indus dan Gangga juga memiliki sumber air dari pegunungan ini.

Himalaya dalam bahasa Sansekerta berarti tempat kediaman salju. Puncak puncak gunungnya bertudung salju dan tumbuh lebih tinggi sekitar empat millimeter setiap tahunnya . Bagaimana kok bisa terus tumbuh?

Para peneliti mengatakan bahwa awalnya benua India yang merupakan daratan independen bertabrakan dengan Asia, sehingga membentuk Himalaya hingga saat ini. Lempeng benua yang bertabrakan tersebut ternyata masih bergerak dan mendorong pertumbuhan gunung yang lebih tinggi.

Yang aku bingung mikirnya, kenapa satu sisi (bagian utara) gersang tidak ada pepohonan sama sekali sedangkan sisi yang lain (bagian selatan) hijau dan subur. Padahal sungai dan danau juga ada di daerah yang gersang tersebut tetapi tidak mampu membuat pepohonan bisa tumbuh.

Berbicara tentang Himalaya, pasti nggak lupa keberadaan Yeti. Yeti adalah sejenis primate besar yang menyerupai manusia dan hidup di hutan Himalaya yang paling tinggi. Tingginya bisa mencapai 2,4 m dan tapak kakinya du kali lebih besar dibanding manusia.

Keindahan hamparan pegunungan dengan puncak bertudung salju inilah yang menggoda saya untuk mencoba menikmatinya dari atas udara. Alasan utama kenapa saya akhirnya memilih naik pesawat dalam perjalanan dari New Delhi menuju Srinagar.

Berikut foto2 yang bisa saya bagikan kepada pembaca…


Add caption
Add caption











Add caption
Add caption











Add caption
Add caption











Add caption
Add caption











Add caption
Add caption











Add caption
Add caption











Add caption
Add caption













Tidak ada komentar:

Posting Komentar