Rabu, 01 Oktober 2014

COLOUR CITIES of RAJASTHAN

Rajasthan adalah negara bagian di India yang kaya akan ragam kebudayaan dan peninggalan sejarah. Bila berkunjung ke ‘Negeri Raja-raja’ ini, kita bisa melihat rombongan unta, lelaki yang memakai sorban di kepala, wanita yang berpakaian warna-warni, benteng-benteng kuno bertembok besar, dan istana-istana yang megah.

Ada hal menarik dari Rajasthan. Beberapa kotanya memiliki warna khas, golden, blue, pink, dan white. Kota-kota mana kah itu? Oke, berikut kota2 yang sempat saya kunjungi, cekidot (check it out, red)….

JAISALMER, Golden City

Mengapa dijuluki golden city, karena semua bangunan berwarna coklat tanah dan akan menjadi keemasan ketika terpancar sinar matahari. Jaisalmer juga memiliki benteng megah yang terletak di atas bukit Trikuta ditengah kota sehingga dapat terlihat dari segala titik penjuru.

cityscape n fort

tampak jain temples di kejahuan

houses

Jaisalmer fort


JODHPUR, Blue City

Kota yang selalu cerah cuacanya sepanjang tahun ini menjadi destinasi wisata popular. Selain keunikan warna biru yang menyelimuti pemukiman kota, Jodhpur juga memiliki situs yang berupa istana, kuil, dan benteng. Kota ini juga dikelilingi oleh tembok batu tebal. Kenapa rumah dicat biru ? Karena bisa mendinginkan suasana rumah dan mengusir nyamuk. Selain juga karena kepercayaan penduduk setempat terhadap dewa-dewa yang biasanya berwarna biru.

Umaid Bhawan palace as background

cityscape from Mehrangarh fort

cityscape from Rao Jodha desert rock park

dikelilingi tembok batu


JAIPUR, Pink City

Ibu kota sekaligus kota terbesar di Rajasthan memiliki banyak bangunan dengan warna merah muda, simbol keramahtamahan. Sedikit cerita sejarahnya, pada tahun 1876, Ratu Victoria dan Pangeran Wales berkunjung ke India, termasuk menyempatkan diri datang ke Jaipur. Raja Jaipur yang bernama Maharaja Ram Singh menggunakan warna pink di setiap bangunan kota demi menyambut kedatangan mereka. Dan hingga saat ini pun warna pink masih tetap mendominasi bangunan-bangunan di pusat kota.

Hawa Mahal

sudut pertokoan di Jaipur

dekat city palace

Jame Masjid


UDAIPUR, White City

Dikenal sebagai kota paling romantis di India, Venezia dari Timur.  Tidak seperti kebanyakan wilayah Rajasthan lainnya yang didominasi gurun pasir, Udaipur memiliki danau dan taman, yang berpadu dengan istana-istana megah peninggalan masa lalu. Keindahan yang menyatu dalam satu lanskap. Warna putih yang mendominasi bangunan kota seakan-akan menyelaraskan diri dengan sifat ramah penduduknya.  

scape from city palace

scape from lake Pichola

pemandangan kota juga dari city palace

boat on lake Pichola




Tidak ada komentar:

Posting Komentar