Kamis, 23 Oktober 2014

SNORKELING at GILI

Tidak terlalu antusias, tidak berharap banyak ketika memutuskan untuk mengambil paket snorkeling di Gili Trawangan. Sehubungan harga paketnya cukup pantas untuk ukuran pulau wisata populer (murah, red), 100k IDR untuk 3 spot plus peralatan snorkeling-nya, itung2 sebagai pelengkap saja liburan ke pulau yang terkenal ‘party’-nya ini.

Kenapa sih terkesan under estimated begitu? Berdasarkan pengalaman nih, kondisi coral di kebanyakan pulau yang ramai wisatawan pasti ancur2an deh, contohnya Bunaken (maaf ya kalo dijadiin sample hehe, red). Penyebabnya apalagi kalo bukan kelakuan pengunjung yang kurang ajar, tidak tahu tata krama dengan menginjak-injak karang ketika snorkeling atau kapal wisata yang se-enak udel-nya membuang jangkar di hamparan terumbu karang. Ingat lho sodara2 sekalian, kemampuan tumbuh karang rata-rata hanya 1 cm per tahun. Itupun kalo ngga keburu mati ditumbuhin lamun atau lumut.

Berangkat dengan kapal yang hampir semuanya berisi bule-bule berbikini tentu jadi hiburan tersendiri. Tour snorkeling di awali dengan 2 spot di Gili Meno, berlanjut 1 spot di Gili Air, dan berakhir dengan istirahat makan di Gili Air (ini bayar sendiri ya haha, red). Dan ternyata kondisinya di luar perkiraan semula.

Kondisi terumbu karang lumayan oke walaupun tidak best-best sangat. Istimewanya adalah banyaknya gerombolan ikan, penyu, dan ada wreck. Tampaknya program perlindungan dan transplantasi karang mulai membuahkan hasil. Selain itu perahu-perahu yang membawa wisatawan tidak lagi sembarangan membuang jangkar dan pastinya nelayan dengan bom ikan sudah tidak ada lagi.

Tetaplah lestari selamanya Indonesia-ku…

                                                                                                                                  
bule-bule berbikini
foto-nya ngeblur, nggak mutu, haha...

bening
   
scape yang cantik
   
beton sebagai media tumbuh karang

wreck

biar ngirit, saya cukup free dive saja

yellow

warna warni soft coral

ramai ikan

nemo dan anemon

jambul

hard coral

papan selancar

keindahan yang lain

mixed, hard n soft 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar